Program PLPBK : Sosialisasi Massal Kelurahan Beringin Raya

Posted by MEDIA KITA on Selasa, 19 Agustus 2014 0

Program PLPBK
Berita Muara - Sebagai salah satu tahapan dalam pelaksanaan PLPBK, BKM Bina Insan Mandiri bersama relawan masyarakat yang tergabung dalam Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) dan Panitia Pelaksana melakukan rangkaian kegiatan dalam tajuk Sosialisasi Massal PLPBK Menuju Kawasan Prioritas dan Mendorong Partisipasi Masyarakat.


Kegiatan Sosialisasi Massal merupakan salah satu media sosialisasi mengenai pelaksanaan PLPBK di Kelurahan Beringin Raya. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar warga masyarakat tahu bahwa di Kelurahan tersebut sedang dilaksanakan tahapan kegiatan PLPBK.

“Sosialisasi Massal ini diselenggarakan dengan tujuan agar seluruh lapisan warga tahun kalau PLPBK sedang dilaksanakan di Kelurahan Beringin Raya. Kita ingin merangsang respon dan juga berkomunikasi melalui kegiatan-kegiatan yang ada” kata Saryana, Koordinator BKM Bina Insan Mandiri Kelurahan Beringin Raya yang didampingi oleh Herzi AG, S.Sos.,  Koordinator TIPP PLPBK saat ditemui oleh kontributor pada acara pembukaan yang turut dihadiri oleh Camat Kecamatan Muara Bangkahulu, Fajar Hutabarat.

“Kita berterima kasih dan memberi apresiasi kepada seluruh panitia dan relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini” sambung Herzi menambahkan. Menurutnya, kegiatan ini tidak mungkin terlaksana bila tidak ada kerja sama.”Kami berharap kerja sama dan kesolidan relawan tetap baik sampai seterusnya, tidak hanya di PLPBK tapi juga di kegiatan lain.” Katanya lagi menuturkan.

Dalam kegiatan Sosialisasi Massal yang berlangsung selama 2 hari tersebut yaitu tanggal 25-26 Juni 2014, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, yaitu Diskusi Informal Warga dan Malam Hiburan pada malam pertama setelah siang harinya dilaksanakan pembukaan secara resmi oleh Camat. 

Pelaksanaan Diskusi Informal tersebut ditujukan untuk menggali visi dan misi warga terhadap pembangunan secara umum, sambil diselingi dengan permintaan lagu seperti talk show di televisi. Acara yang dipandu secara inisiatif oleh Johar, warga RT 6 tersebut cukup hidup karena Johar sebagai tokoh warga RT 6 dikenal sebagai tokoh yang terbuka dan cakap dalam menghidupkan suasana. “Inisatif saya saja, takutnya nanti warga datang malah acara kesannya jadi kaku”kata Johar sambil tertawa. 

Pada acara tersebut juga selalu disosialisasikan mengenai pelaksanaan program PLPBK, di mana warga dihimbau untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan selanjutnya di tanggal 26 Juni 2014.

Jalan Sehat, Lomba Mewarnai dan Diskusi Terbuka Pada Puncak Kegiatan
Puncak kegiatan sebenarnya dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Juni 2014 yaitu berupa Jalan Santai Sehat, Door Prize, Lomba Mewarnai dan Diskusi Terbuka. 

“Di luar perkiraan, acaranya ramai” kata Abdul Hamid Hakim, Asisten Kota bidang UP turut hadir bersama-sama dengan jajaran Korkot. Turut hadir pada kegiatan Jalan Santai Sehat yang dilanjutkan dengan Senam Jantung Sehat tersebut adalah Dedi Arizandi, SpdI selaku Korkot 1 Kota Bengkulu bersama Sufriyadi, SE Askot bidang Ekonomi dan Abdul Hamid Hakim. Tidak ketinggalan juga adalah Rina yang akrab dipanggil teteh dari Tim Teknis Kota Bengkulu.

“Sayangnya kami tidak bisa lebih lama, karena ada pertemuan di Bappeda Kota” kata Dedi Arizandi di atas panggung saat memberikan door prize.
Program PLPBK Kota Bengkulu


Acara dilanjutkan dengan Lomba Mewarnai tingkat PAUD dan SD dan Diskusi Terbuka. Diskusi Terbuka dengan tema Mendorong Partisipasi Masyarakat dan Pembangunan Berkelanjutan ini dimoderatori oleh Mardan Siregar dari FKA BKM Kota Bengkulu, dan kontributor adalah Desi Afrita selaku staf pengajar Jurusan Kesejahteraan Masyarakat FISIP UNIB didampingi oleh Dediyanto, Tenaga Ahli bidang Local Government dari KMW (OC2) PNPM Propinsi Bengkulu.

Kegiatan ditutup setelah pengumuman pemenang lomba mewarnai tepat pukul 16.00.

About the Author

Sumber berita berasal dari relawan BKM PNPM Perkotaan Bengkulu dan pihak-pihak terkait lainnya. Tim Penulis adalah relawan yang disponsori oleh Kanal Mitravisi, sebuah unit jasa penulisan online dan bidang kreatif lainnya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Menu :
Template Re-Edited By Kanal Mitravisi. This Blog Is Sponsored By Kanal Mitravisi @2014. Diberdayakan oleh Blogger.
© 2013 BERITA MUARA. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top