PPMK Diprioritaskan Untuk Warga Miskin - PS2

Posted by MEDIA KITA on Kamis, 22 Mei 2014 0


Modal Untuk Warga Miskin
Rawa Makmur Permai – BKM Berkah Permai Kelurahan Rawa Makmur Permai merupakan salah satu BKM yang masuk dalam long list calon penerima program PPMK. 


Namun setiap kelurahan akan berkompetisi dengan kelurahan lainnya yang masuk dalam long list tersebut.

PPMK ((Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas) merupakan program ekonomi bergulir sebesar Rp 100 juta per kelurahan. Setiap calon penerima manfaat harus membentuk kelompok KSM. Pembentukan kelompok dapat didasarkan atas kesamaan lokasi tempat tinggal, kesamaan profesi dan kesamaan kebutuhan lainnya.

Untuk memastikan calon penerima manfaat maka dilakukan survey. Survey dilakukan oleh BKM, UPK dan Fasilitator Kelurahan beberapa waktu lalu. Beberapa nama sudah masuk dalam catatan UPK. Namun BKM dan UPK masih menyeleksi semua calon penerima manfaat dengan lebih detil, mengantisipasi kemungkinan macet.

“Untuk PPMK kami sangat selektif. Mohon maaf untuk setiap calon penerima manfaat, kami melakukan survey dan wawancara mengenai usaha dan analisa potensinya. Kami mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk agar program ini berjalan lancar.” Kata Rita, Fasilitator PPMK Tim 6.

“Sasaran utama dari program PPMK ini adalah warga PS2 (warga miskin-red), jadi setiap kelompok KSM yang terbentuk harus ada warga PS2 sebagai penerima manfaatnya” jelas Rita lagi saat rapat pembentukan KSM hari Selasa (18/3/2014) yang lalu. “Program ini bersifat selektif, jadi kelurahan yang KSM-nya sudah terbentuk masih akan diseleksi dan dikompetisikan lagi dengan kelurahan-kelurahan lain melalui verifikasi tingkat kota dan propinsi. Ini merupakan salah satu proses yang tidak bisa dihindari,” tambah Rita lagi. (emb)

About the Author

Sumber berita berasal dari relawan BKM PNPM Perkotaan Bengkulu dan pihak-pihak terkait lainnya. Tim Penulis adalah relawan yang disponsori oleh Kanal Mitravisi, sebuah unit jasa penulisan online dan bidang kreatif lainnya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Menu :
Template Re-Edited By Kanal Mitravisi. This Blog Is Sponsored By Kanal Mitravisi @2014. Diberdayakan oleh Blogger.
© 2013 BERITA MUARA. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top