LKM Berkah Permai Dengan Harapan Baru

Posted by MEDIA KITA on Minggu, 25 Mei 2014 0


PNPM Perkotaan
Bengkulu – BKM Berkah Permai Kelurahan Rawa Makmur Permai telah melalui Siklus Masyarakat Tahun Ke-4 pada tahun 2013 yang lalu. Rangkaian siklus tersebut meliputi Refleksi 3 Tahunan, Refleksi Kemiskinan, Pemetaan Swadaya, Pemilihan Ulang Anggota LKM, Pelaksanaan Tinjauan Partisipatif, Pembuatan PJM dan Rembug Warga Tahunan.




Pada pelaksanaan Pemilihan Ulang Anggota LKM di tingkat kelurahan, terpilih Yusran sebagai Koordinator. Proses pemilihan sendiri dilakukan pada tingkat basis RT dan kemudian yang terpilih di tingkat RT diutus ke tingkat kelurahan.

Siklus masyarakat adalah siklus yang harus dijalankan oleh masyarakat, yang terdiri dari fase-fase untuk memastikan sejauh mana peran program dan partisipasi masyarakat terhadap berjalannya program tersebut. Siklus masyarakat dalam PNPM-Mandiri Perkotaan (P2KP-red) terdiri dari 4 siklus, yaitu Siklus Tahun-1 atau Siklus Awal, Siklus Tahun Ke-2, Siklus Tahun Ke-3, dan Siklus Tahun ke-4.

Siklus Tahun Ke-4 hampir sama dengan Siklus Tahun Ke-1 atau Siklus Awal, yang membedakan adalah pelaksanaan Siklus Awal dimulai dari Rembug Kesiapan Masyarakat (RKM) kemudian melaksanakan Refleksi 3 Tahunan-Refleksi Kemiskinan (RK). Sementara pada Siklus Tahun Ke-4 fase RKM tidak ada dan dimulai langsung dengan RK.

Pelaksanaan RK sendiri dilakukan dengan FGD (Focus Group Discussion) untuk mendiskusikan akar penyebab kemiskinan di Kelurahan Rawa Makmur Permai, ciri-ciri miskin dan kriteria miskin. Selanjutnya pelaksanaan Pemetaan Swadaya dilakukan untuk memetakan sebaran KK Miskin dengan cara survey dan wawancara. Hasil PS ini kelak akan menghasilkan dokumen PS2 atau Profil KK Miskin yang menjadi lampiran di dalam dokumen PJM.





Terpilihnya pengurus baru diharapkan dapat memberikan warna dan dinamika dalam mendorong partisipasi masyarakat khususnya dalam mendorong masyarakat untuk secara mandiri dapat menggali potensi-potensi yang ada di Kelurahan Rawa Makmur Permai, mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang selama ini menjadi permasalahan utama, merencanakan kegiatan yang dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut, dan menjalin kerja sama dengan pihak luar untuk dapat bersinergi bersama-sama memecahkan masalah. Terlebih lagi saat ini BKM Berkah Permai juga sedang melakukan realisasi kegiatan BLM 2013.

Susunan Pengurus Kolektif LKM Berkah Permai 2013-2016
NO
Nama
Jabatan
1
Yusran
Koordinator Kolektif
2
Susenal
Anggota Kolektif
3
Catur Urip
Anggota Kolektif
4
Harni Rosidi
Anggota Kolektif
5
Arif M.
Anggota Kolektif
6
Ishak E.
Anggota Kolektif
7
Amran, SP
Anggota Kolektif
8
Yusmarni
Anggota Kolektif
9
Elma Gustina
Anggota Kolektif
10
Dahlian
Anggota Kolektif
11
Maniati
Anggota Kolektif
12
Sahdan
Anggota Kolektif
13
Elma Yusni
Anggota Kolektif

Susunan UP - LKM Berkah Permai 2013-2016
NO
Nama
Jabatan
1
Rohaniah
UPK
2
Sri Kurniawati
UPK
3
Karnelis
UPK
4
Marsudi
UPL
5
Leo Sahirin
UPL
6
Garut Najwa
UPL
7
Edi Berlian
UPS
8
Edi Maualana
UPS
9
Suparman
UPS
10
Effendi S
Sekretaris

About the Author

Sumber berita berasal dari relawan BKM PNPM Perkotaan Bengkulu dan pihak-pihak terkait lainnya. Tim Penulis adalah relawan yang disponsori oleh Kanal Mitravisi, sebuah unit jasa penulisan online dan bidang kreatif lainnya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Menu :
Template Re-Edited By Kanal Mitravisi. This Blog Is Sponsored By Kanal Mitravisi @2014. Diberdayakan oleh Blogger.
© 2013 BERITA MUARA. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top