Dahilin : Pengurus BKM Bekerja Tanpa Digaji

Posted by MEDIA KITA on Kamis, 22 Mei 2014 0



“Saya pernah dimaki-maki orang waktu menagih warga yang meminjam dana UPK, juga sering dijelek-jelekkan waktu menampung usulan untuk BLM. Tapi semua punya aturan, dan kita  harus taat  pada aturan yang digariskan program”  demikian kata Lurah Rawa Makmur, Dahilin S., saat  membuka  acara Pelatihan Masyarakat BLM 2013 PNPM-Mandiri Perkotaan hari Senin (17/3/2014) lalu di Kantor Lurah Rawa Makmur.



Bengkulu – Pelatihan Masyarakat Kelurahan Rawa Makmur dilakukan di 2 tempat, yaitu Kantor Lurah Rawa Makmur dan Gedung TK yang tepat berada di sebelahnya. Kegiatan Pelatihan tersebut terdiri dari Pelatihan Penguatan RT, Pelatihan Penguatan BKM-Aparat Kelurahan, dan Pelatihan Penguatan KSM.


“Saya berharap melalui pelatihan ini semua elemen masyarakat tahu fungsi dan peran masing-masing dalam mensukseskan semua program yang masuk ke Kelurahan Rawa Makmur, termasuk PNPM-Mandiri Perkotaan. Karena dengan partisipasi dan fungsi peran itu, kita tahu apa yang sebaiknya kita lakukan.” Tambahnya lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Iskandar, salah seorang Pengurus Kolektif BKM Maju Bersama Kelurahan Rawa Makmur saat memberikan sambutannya. “ Mari kita kembali ke awal, bahwa kita makhluk sosial perlu saling mendorong, memberi masukan. Masalah kemiskinan adalah masalah bersama, tidak bisa dibebankan semuanya ke Pemerintah sementara masyarakat sendiri tidak berperan. Melalui pelathan ini diharapkan ada masukan dan penyadaran bagi kita semua”, kata Iskandar, pengurus yang sebelumnya juga pernah menjadi Koordinator Kolektif BKM Maju Bersama Kelurahan Rawa Makmur.

Pelatihan Masyarakat Kelurahan Rawa Makmur dilakukan dengan menggunakan BLM 2013. Selain Pelatihan Tingkat Kelurahan, juga ada Pelatihan Tingkat Kecamatan, Forum Kota dan Pembuatan Media Warga yang bersumber dari anggaran tersebut.

Untuk Pelatihan Penguatan Kecamatan terdiri dari Penguatan UPL, Penguatan UPS, Penguatan UPK-Sekretariat-Dewan Pengawas, dan Penguatan Relawan. Diharapkan dengan pelatihan ini para pengurus BKM, RT,RW, Aparat Kelurahan, Relawan, UPK- Sekretariat-Dewan Pengawas, UPL, UPS dan KSM benar-benar paham apa sebenarnya PNPM Mandiri Perkotaan dan apa peran fungsi setiap elemen tadi, bagaimana masyarakat di dalamnya mengidentifikasi permasalahan sendiri dan bagaimana merencanakan solusinya.

“Saya juga Pengurus BKM di Kelurahan Sidomulyo, jauh sebelum saya jadi Lurah sekarang. Banyak pengalaman yang saya dapat. Dimaki sudah sering, difitnah juga sudah. Tapi saya tidak jadi masalah, karena saya berusaha menjalankan roda organisasi dan programnya sesuai Pedoman Teknis. Kadang-kadang orang yang memfitnah ini adalah orang yang diundang rapat tapi tidak pernah datang.” Demikian disampaikannya sambil tersenyum. “Saya anggap ini ibadah dan menambah amal, karena di BKM tidak ada gajinya”, ujarnya lagi.

Salah seorang narasumber, Yurmaningsih juga mengatakan hal yang sama. “ Bila saudara-saudara sekalian berpikiran BKM ini hanya tempat cari uang, itu jelas salah. Pengalaman saya, di BKM Kelurahan banyak pengurus yang tidak mau repot begitu tahu BKM tidak ada gaji, padahal waktu pemilihan dulu semangat waktu dicalonkan jadi pengurus sampai rela gontok-gontokan”, katanya saat mengisi materi Penguatan RT-RW. Saat ini, salah satu kendala yang terjadi dalam pelaksanaan program PNPM-Mandiri Perkotaan di tingkatan masyarakat adalah kurangnya partisipasi dan turunnya motivasi, sehingga kadang-kadang sejumlah kegiatan luput dari perhatian. (emb)
 

About the Author

Sumber berita berasal dari relawan BKM PNPM Perkotaan Bengkulu dan pihak-pihak terkait lainnya. Tim Penulis adalah relawan yang disponsori oleh Kanal Mitravisi, sebuah unit jasa penulisan online dan bidang kreatif lainnya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Menu :
Template Re-Edited By Kanal Mitravisi. This Blog Is Sponsored By Kanal Mitravisi @2014. Diberdayakan oleh Blogger.
© 2013 BERITA MUARA. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top